WISATA RELIGI PONPES "Bi Ba’a Fadlrah" Sanan Turen. Foto 8









Miniatur pepohonan yang ada di dalam pondok





hiasan kaligrafi arab di setiap dinding mengagungkan Asma Allah

Pembuatan bendera merah putih besar dengan size 20x30m







Ini adalah miniatur gunungan yang berada pada lantai paling
atas ponpes
, terpaan angin serasa di puncak gunung sungguhan


Lomba Foto Potensi Wisata Malang Selatan


Siang itu hari sabtu tanggal 14 agustus 2010, aku menyempatkan diri pergi ke pondok yang ada di Sanan Turen, yang bernama ponpes"Bi Ba’a Fadlrah" /Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah). Yang artinya, Segarane, Segara, Madune, Fadhole Rohmat. Ponpes ini terletak di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur No.10, RT 07 / RW 06 Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Kebetulan saat itu aku ditemani oleh guide yang orang asli sekitar ponpes tersebut yang bernama Pak Senan, masih satu kantor denganku didampingi juga dengan anak laki-laki kebanggaan turunannya. Sudah lama sekali ingin pergi ke Pondok yang terkenal dengan kemegahannya itu, yang aku dengar dari orang-orang bahwa para pekerja pembangunannya menggunakan bantuan/perewangan dari jin. Hati pun penasaran dan akhirnya kesampaian sekarang walaupun maksud hati sudah lama sekali ingin segera pergi ke ponpes tersebut. Bayangkan, aku bekerja di malang selatan sudah hampir 6 tahun, tapi belum pernah melihat bagunan islam yang megah yang ada di daerah malang selatan, yang sudah pernah dikunjungi oleh orang-orang diluar wilayahku, malu sekali rasanya kalau aku ditanyai orang kalau aku yang dekat dengan situ menjawab dengan jawaban tidak tahu. Ini pesanku, jangan suka mempercayai omongan-omongan buruk orang lain tentang Ponpes yang di bangun dengan perewangan Jin itu kalau kau tidak mengalaminya sendiri. Aku paling suka membuktikan sendiri apa yang di gosipkan orang dengan mendatanginya dan melihatnya langsung. Itupun tidak ada paksaan, kalau kau berani………..Intinya Ponpes ini bukan tempat rekreasi, tapi wisata religi, harus berseragam muslim, karena aku seorang muslim.

Rintisan Ponpes Bi Ba’a Fadlrah ini dimulai pada 1963 oleh Romo Kyai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kyai Ahmad.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar