http://andysenibudaya.blogspot.com/2010/09/silabus-studi-quran-pascasarjana-uin.html
Prodi : Magister MPI
Mata Kuliah : Studi al-Quran
SKS : 2
Kode Mata Kuliah: -
Pembina : Aunur Rofiq, Ph.D
Kls : B
Standard Kompetensi:
Mahasiswa mampu memahami Problematika Studi al-Quran dengan baik
Mahasiswa mampu mengaplikasikan metodologi dan pendekatan penafsiran sesuai dengan kapasitasnya.
Pendahuluan
1. Ulum Al-Quran, Ilmu Tafsir Dan Usul Al-Tafsir
a. Perbedaan dan persamaan
2. Asbab al-Nuzul
a. Makna asbab al-Nuzul
b. Urgensi asbab al-Nuzul dalam Penafsiran
3. Nasikh Dan Mansukh
a. Makna naskh
b. Perbedaan Antara naskh mansukh dengan khas dan am; mutlak dan muqayyad
c. Kontroversi tentang Naskh dan Mansukh
4. Sejarah Kodifikasi al-Quran
a. Kodifikasi zaman Rasulullah
b. Kodifikasi zaman Khalifah Abu Bakar al-Siddiq
c. Kodifikasi zaman Khalifah Usman bin Affan
d. Persamaan dan perbedaan proses kodifikasi
5. Kontroversi Mushaf Usmani:
a. Latarbelakang
b. Penolakan Ibn Mas’ud
c. Respon Intelektual Muslim
6. Tafsir, Takwil dan Hermeneutik
7. Klasifikasi Tafsir Berdasarkan Sumber
a. Tafsir bil-ma’thur
b. Tafsir bi al-Ra`yi
c. Kelebihan dan kekurangan keduannya
8. Middle Test
9. Tafsir tahlily dan tafsir maudu`iy
- Metodologi Dan Tokohnya
10. Tafsir Ilmy
- Metodologi Dan Tokohnya
11. Tafsir Adaby wa al-Ijtima`i
- Metodologi Dan Tokohnya
12. Tafsir Kontekstual
- Metodologi Dan Tokohnya
13. Tafsir Shufiy dan Tafsir Falsafy
- Metodologi Dan Tokohnya
14. Orientalisme dan Al-Quran
a. Makna dan Istilah Orientalisme
b. Sejarah Orientalisme
c. Metodologi Orientalis dalam Tafsir
d. Kelebihan dan Kelemahannya.
15. Final Test
Tugas Aplikatif
Pada prinsipnya makalah aplikatif diserahkan sepenuhnya kepada mahasiswa dengan catatan tidak menyalahi prinsip-prinsip penafsira tematik. Pembuatan makalah aplikatif dengan pendekatan tematik ini disesuaikan dengan disiplin program studi mereka, misalnya untuk program studi Pendidikan Agama Islam, mahasiswa dapat menghimpun secara tematik dan menafsirkan ayat-ayat tentang pendidikan. Berikut beberapa contoh:
1. Ayat-ayat tentang Perencanaan
2. Ayat-ayat tentang Pengorganisasian
3. Ayat-ayat tentang Pengawasan
4. Ayat-ayat tentang Pengevaluasian
5. Ayat-ayat tentang Manajemen SDM
6. Ayat-ayat tentang Media Pendidikan
7. Ayat-ayat tentang Metode Pendidikan
8. Ayat-ayat tentang Tujuan Pendidikan
9. Ayat-ayat tentang Pentingnya pendidikan
10. Ayat-ayat tentang Pembelajar dan Pelajar
11. Ayat-ayat tentang Etika pendidikan
12. tentang Pembiayaan
13. Ayat-ayat tentang Strategi Pengembangan Pendidikan
IV. Referensi Wajib
Abdul al-Hay al-Farmawi (1977), al-Bidayah fi al-Tafsir al-Maudu`i, Mesir: Maktabah al-Jumbhuriyah
Abd al-Rahman bin Nashir al-Sa`di (1980), al-Qawaid al-Hisan li-Tafsir al-Quran: Riyadl: al-Ma`arif
Fazlu al-Rahman (1986), Interperting al-al-Quran dalam Inquiry, Mei 1986.
Jalal al-Din al-Suyuthi (1935), al-Itqan fi `Ulum al-Quran, Beirut: Dar al-Fikr
Jhon Barton (1981), The Collection of the Quran, Cambridge: The University Press
Jhon Wansbrough (1977), Quranic Studies: Sources and Methods of Scriptural Interpretation, Oxford: The University Press.
Muhammad Abd al-`Adhim al-Zarqani (ttp), Manahil al-`Erfan fi Ulum al-Quran, Beirut: Dar al-Fikr.
Muhammad Husein al-Dzahaby (1976), tafsir wa al-Mufassirun, juz I, II, Beirut: Dar al-Fikr.
- -------------- (1986), al-Israiliyat fi al-Tafsir wa al-Hadith, Kairo: Dar al-Taufiq
- Shubhi Shaleh (1988). Mabahits fi Ulum al-Quran, Beirut: Dar al-Ilm li al-Mayain.
- Montgomery Watt (1967, Bell’s Intruducton to the Quran, Edinbrugh: The University Press.
- Muhammad bi `alwi al-Maliki al-Husni (1983), Zubdah al-Itqan di `Ulum al-Quran, Saudi: Dar al-Syurq
- Muhammad `Ali al-Shabuni (1985), al-Tibyan fi `ulum al-Quran, Beirut: `Alam al-Kutub.
- Muhammad Baqr al-Shadr (1981), al-Madrasah al-Quraniyah: al-Tafsir al-Maudlu`i wa al-Tafsir al-Tajzi’i, Beirut: Dar al-Ta’aruf
- 15Muhammad Salim al-Mahisan (1402), Tarikh al-Quran al-Karim, Saudi Arabia: Rabithah al-`Alam al-Islamy
- Mustafa Muslim (1989), Mabahits fi al-Tafsir al-Maudlu`i, Damaskus: Dar al-Qalam
- Zahir al-Awwad al-`Alama’i (1404), Dirasat fi al-Tafsir al-Maudlu`i: Riyadl (tanpa penerbit
- Paul Ricocur (1982), Hermeneutics and Human Sciences, (edited and translited by Jhon B. Thompson), Cambirdge: The University Press.
- Abdul Djalal H.A (2000), Ulumul Qur’an,Surabaya: Dunia Ilmu, h. 4
- Muhammad Ali al-Sabuni (1981), al-Tibyan fi `Ulum al-Quran, Beirut: Mua’ssasah Manahi al-`Irfan, h. 6.
- Muhammad Ali al-Hasan (1983), Al-Manar fi Ulum al-Quran, Oman: Matba` al-Syarq wa Maktabahah, h. 140
- Jalal al-Din al-Suyuti (1951), al-Itqan fi ulum al-Quran, Mesir: Maktabah Mustafa al-Babi al-Halabi, cet. 3, juz 2, h. 173.
- Muhammad Abd al-Adhim al-Zarqani (1988), Manahil al-`Erfan, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, jilid 2, h. 4
- Mahmud Salim Ubaidat (1990), Dirasat fi Ulum al-Quran, Oman: Dar Ammar li al-Nasyr wa al-Tauzi`, h. 238. Lihat pula Daud al`Attar (1979/1399), Mujaz `Ulum al-Quran, Beirut: Mu’assasah al-A`lami lil al-Matbu`ah, h. 19
- Muhammad ibn Lutfi al-Sabbagh (1988/1408), Buhuth fi Usul al-Tafsir, Beirut: al-Maktabah al-Islami, h.11
Buku Anjuran
- Richard C Martin (ed) (1985), Approach to Islam in Religious Studies, iArizona: The University of Arizona/Tucson Press (see articles: 2, 8-12)
- Ihsan Ilahi Dhahir (1983), al-Syi`ah wa al-Quran, Pakistan: Idarah Tarjuman al-Sunnh
- Toshiko Izutsu (1966), Eticho Religious Concept in The Quran: Monteral, Montreal: McGill University Press.
- Fazlur rahman (1988), Major Themes of the Quran, Chcago: Biblitheca Islamica.
- Howard M. Federspielv (1994), Popular Indonesian Literature of The Quran Modrn Indonesia Project.
- M. Quraish Sihab (1992), Membumikan al-Quran, Bandung: Mizan.
- -------------------- (1996), Wawasan al-Quran, Bandung: Mizan
- -------------------- (1998), Mukjizat al-Quran, Bandung: Mizan
Silahkan temen2 yg mau copy, monggo di pun unjuk.
BalasHapus