Andy Warhol



Andy Warhol lahir Andrew Warhola di Pittsburgh, Pennsylvania, pada 1928. Pada tahun 1945 ia memasuki Carnegie Institute of Technology (now Carnegie Mellon University) di mana dia majored in bergambar desain. Setelah lulus, Warhol pindah ke New York ditemukan stabil di mana dia bekerja sebagai seniman komersial. Dia bekerja sebagai ilustrator untuk beberapa termasuk majalah Vogue, Harper's Bazaar dan The New Yorker dan melakukan iklan dan menampilkan jendela untuk toko ritel seperti Bonwit Teller dan I. Miller. Nubuatan, yang pertama adalah tugas untuk Sexy majalah untuk artikel berjudul "Sukses adalah sebuah pekerjaan di New York."

Sepanjang tahun 1950-an, Warhol menikmati sukses karir sebagai seniman komersil, menang beberapa commendations dari Art Director's Club dan American Institut Seni Grafis. Di awal tahun ini, dia singkat namanya menjadi "Warhol." Dalam 1952, seniman yang telah menunjukkan individu yang pertama di Galeri Hugo, Exhibiting Fifteen gambar Berdasarkan Writings of Truman Capote. Karyanya telah dipamerkan di beberapa tempat lainnya selama tahun 1950-an, termasuk kelompok pertama ditampilkan di Museum of Modern Art pada tahun 1956.

Tahun 1960-an adalah dekade yang sangat subur untuk Warhol. Appropriating gambar dari budaya populer, Warhol menciptakan banyak lukisan yang tetap ikon dari abad ke-20. Seni, misalnya Campbell's Soup Cans, Bencana dan Marilyns. Selain melukis, Warhol melakukan beberapa 16mm film underground yang telah menjadi klasik seperti Chelsea Girls, Empire dan Blow Ayub. Pada tahun 1968, Valerie Solanis, pendiri dan anggota tunggal buih (Society for Cutting Up Men) berjalan ke Warhol's studio, yang dikenal sebagai pabrik, dan gambar artis. Serangan itu hampir fatal.



Pada awal tahun 1970an, Warhol mulai Wawancara penerbitan majalah dan diperbaharui his fokus pada lukisan. Karya ini dibuat dalam dekade termasuk maos, skulls, Hammer dan Sickles, Torsos dan bintara Shadows dan banyak potret. Warhol juga diterbitkan di Filosofi Andy Warhol (dari A ke B dan Kembali Lagi). Tegas didirikan sebagai suatu pusat-abad 20. Artis dan selebriti internasional, Warhol secara karyanya dipamerkan di museum dan galeri di seluruh dunia.

Artis mulai 1980-an dengan penerbitan POPism: The'60s dan Warhol dengan pameran dari potret orang Yahudi dari Twentieth Century dan Retrospectives seri dan kekalahan. Dia juga membuat dua menunjukkan televisi kabel, "Andy Warhol's TV" pada tahun 1982 dan "Andy Warhol's Fifteen Minutes" untuk MTV pada tahun 1986. Nya lukisan dari tahun 1980-an termasuk The Last Suppers, Rorschachs, dan kembali kepada tema besar pertama Pop, serangkaian disebut Iklan. Warhol juga terlibat dalam serangkaian kolaborasi dengan seniman muda, termasuk Jean-Michel Basquiat, Francesco Clemente dan Keith Haring.

Berikut kantong empedu operasi rutin, Andy Warhol meninggal 22 Februari 1987. Setelah pemakaman di Pittsburgh, dan teman-temannya asosiasi mengadakan peringatan massa di St Patrick's Cathedral di New York yang dihadiri oleh lebih dari 2.000 orang.

Pada tahun 1989, Museum of Modern Art di New York telah retrospektif utama dari karya-karyanya.

Andy Warhol di Museum dibuka di Pittsburgh, Pennsylvania, pada bulan Mei 1994.

Biografi ini telah disusun oleh Martin Cribbs, Direktur Licensing.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar